Kebersihan Ruang Pengobatan

Rumah Sakit
Sumber foto : Eyang BlogDetik
Tak bisa dipungkiri bahwa ruang pengobatan akan berpengaruh terhadap pasien, bahkan secara psikologis dapat membatu penyembuhan penyakit pasien. Apapun jenis pengobatan yang diterapkan (kimia atau natural, secara ilmu kedokteran atau pengobatan alterbatif), kebersihan dan tata letak komponen ruangan harus diperhatikan, disamping itu lokasi tempat pengobatan pun harus berada di tempat strategis dengan lingkungan yang bersih.

Sering saya temukan beberapa dokter yang mengadakan kegiatan pengobatan di tempat yang kurang baik meskipun ruangan tempat berobat ditata rapi, padahal menurut saya lokasi dan lingkungan di sekitar tempat praktek pun harus diperhatikan karena dapat berpengaruh terhadap pasien tertentu dengan memberikan sugesti kesembuhan secara tidak langsung.


Kebanyakan tempat praktek tersebut  adalah rumah sewaan atau kontrakan (bukan instanti kesehatan seperti halnya rumah sakit yang memiliki kantor khusus) karena diperkirakan akan membantu masyarakat sekitar untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang tidak jauh dari tempat tinggal.

Meskipun demikian pemilihan lokasi tidak harus dipinggir jalan atau di tempat ramai, apalagi jika lingkungan sekitar tempat sewaan tersebut cukup kotor dengan berbagai polusi karena hal ini dapat menjadi salah satu faktor kepuasan konsumen. Pilihlah tempat sewa yang cukup bersih dan mudah dijangkau masyarakat ketika berobat meskipun tidak memiliki ruang kantor khusus layaknya sebuah rumah sakit besar.

Bagaimana menurut Anda? Pentingkah pemilihan lokasi praktek pengobatan?