10 Oktober 2010

Pijat Refleksi
Pijat refleksi adalah pengobatan alternatif yang ampuh dan aman, praktis serta murah tanpa efek samping yang berarti, selain mencegah dan menyembuhkan secara total, pengobatan ini juga dapat mendeteksi atau mengetahui apakan salah satu organ kita sudah terganggu atau masih sehat, sebagai contoh coba tekan agak kuat titik refleksi ginjal, paru-paru atau jantung apabila ada yang mengganjal seperti kristal dan rasanya sakit seperti ditusuk jarum maka dapat dipastikan bahwa organ kita tersebut sudah terganggu karena adanya hambatan aliran darah balik menuju organ tersebut.

Keutamaan refleksi dapat dilakukan sendiri yang berarti anda dapat mengobati diri anda sendiri yang pada akhirnya dapat juga menolong orang lain, misalnya suatu saat anda menemukan orang yang pingsan dipasar, di kantor maka tekan saja titik refleksi jantungnya di kaki sebelah kiri, atau tekan agak kuat daerah refleksi jantung dibawah lutut bagian belakang maka orang yang pingsan tadi biasanya akan langsung sadar kembali.
Pijat refleksi merupakan ilmu yang mempelajari ilmu tentang pijat di titik-titik tubuh tertentu. Pijat ini dilakukan dengan alat tangan dan benda-benda lain berupa kayu, plastik, atau karet. Praktisi pijat ini mempunyai pengetahuan tentang saraf-saraf manusia, dan masih berhubungan dengan pengobatan tusuk jarum.

Pengobatan ini banyak dijumpai di tempat-tempat pijat relaksasi dan toko-toko sinshe. Umumnya pengobatan yang dilakukan adalah untuk penyakit-penyakit yang sering dijumpai di kehidupan sehari-hari, seperti: sakit jantung, sakit lambung (pencernaan), penyakit kulit, patah tulang, dll. (wikipedia.com)
 
Pada zaman dahulu, orang Cina beranggapan bahwa kedua telapak kaki manusia yang dirapatkan merupakan cerminan (gambaran atau bentuk) orang yang sedang duduk sambil memegang lututnya.

Berdasarkan anggapan tersebut, mereka kemudian menggunakan pencerminan itu untuk memetakan tata letak reflek organ tubuh manusia, dan kemudian meramunya dalam ilmu pengobatan/perawatan yang disebut refleksiologi

Jadi yang disebut refleksi adalah tempat berpantulnya saraf dan darah yang berfungsi langsung pada organ-organ tubuh. Sedangkan refleksiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang magnetik (saraf) tubuh manusia.

Catatan Kaki:
Reflek adalah tempat berpantulnya saraf dan pembuluh darah yang bekerja untuk organ-organ tubuh seperti yang dipetakan pada daerah telapak kaki.
Sedangkan zona reflek adalah wilayah atau daerah yang dibentuk berdasarkan garis khayal (abstrak) untuk menerangkan batas dan letak terhadap sesuatu yang nyata (konkrit).

Zona di dalam tubuh manusia adalah garis khayal yang membentang di seluruh tubuh, yang digunakan sebagai batas dan letak reflek-reflek yang berhubungan langsung dengan organ tubuh.

Zona pada tubuh manusia, terbagi atas 10 letak batas lintas sesuai jumlah jari jemarinya. Ke-10 zona itu, membentang mulai dari ujung jari-jari, kemudian naik ke punggung. telapak kaki, betis depan, lutut, paha depan, lipat perut, perut, dada, leher, wajah, dahi, dan kepala.
Sumber  :
  1. Hanya Sebatas Coretan 
  2. Shvoong.com

0 Bamboo named Eul-Eul:

Poskan Komentar

Mohon maaf, komentar tanpa identitas (Anonymous) dan komentar yang dapat memancing perselisihan akan dihapus. Untuk menampilkan emoticon harus dipisah dengan spasi. Klik icon emoticon untuk melihat kode!